Kapolres Mojokerto Bersama Ka SPN Polda Jatim Tinjau Kawasan Kampung Tangguh

Kapolres Mojokerto Bersama Ka SPN Polda Jatim Tinjau Kawasan Kampung Tangguh

Mojokerto,
Kapolres Mojokerto AKBP Feby DP Hutagalung bersama Ka SPN Polda Jatim Kombes Pol. Indra, S.IK., M.Si. melaksanakan peninjauan kesiapan kampung tangguh di beberapa Kecematan di Wilayah hukum Polres Mojokerto, Jumat 5/06/2020.

Bersama Ka SPN Polda Jatim selaku Pamatwil, Kapolres meninjau Kawasan Kampung Tangguh sebagai Penjabaran Commander Wish Kapolda Jatim terkait Penanganan Virus Covid-19 diwilkum Polres Mojokerto.

Beberapa lokasi Kampung Tangguh yang dikunjungi oleh Kapolres Mojokerto dan Ka SPN tersebut adalah kampung tangguh Desa Leminggir Kec. Mojosari dan kampung tangguh Desa Sadar Tengah Kec. Mojoanyar.

Peninjauan kampung tangguh yang dilakukan adalah dalam rangka melihat secara langsung kesiapan warga dan fasilitas penunjang dalam pencegahan covid-19 dengan disiplin penerapan protokol kesehatan.

Selain itu juga dilakukan pengecekan terkait kesiapan petugas pada struktur Satgas kampung tangguh tentang tindakan yang dilakukan apabila terdapat permasalahan khususnya Covid-19 di setiap lokasi Kampung Tangguh.

Kapolres Mojokerto dan Ka SPN Polda Jatim beserta rombongan juga melakukan pengecekan Panel Data KTS (Kampung Tangguh Semeru) terkait pelaporan ODP dan PDP serta laporan harian warga masyarakat maupun warga pendatang yang masuk ke Kawasan Kampung Tangguh, sekaligus memberikan edukasi tentang pembuatan inovasi mandiri berupa Lumbung Ketahanan Pangan pada Kampung Tangguh dengan memanfaatkan sumber daya / fasilitas yg ada di desa.

Melakukan evaluasi dan penyempurnaan atas kekurangan yang ada, beberapa fasilitas pendukung yang ada di Kampung Tangguh adalah Pos Check Poin, Dapur Umum, Ruang Isolasi Covid-19, Posko Tanggap Darurat Kampung Tangguh, Ruang Observasi, Bilik Disinvektan / Disinfection Chamber, Spreyer / Alat penyemprot Cairan Disinvektan, Alat pelindung diri (APD) diantaranya Thermogun, Face shield, baju anti bakterial, sarung tangan dan sepatu karet, Lumbung Pangan, Panel Data Kampung Tangguh.

Dalam kesempatan itu Kapolres juga menyerahkan bantuan beras sebanyak 150 Kg pada setiap lokasi Kampung Tangguh yg dikunjungi.

Pada kesempatan yang sama Ka SPN Polda Jatim menyampaikan apabila pada lokasi Kampung Tangguh mengalami penurunan jumlah warga yg terkomfirmasi positif maka akan diberikan reward dari pimpinan, semoga dengan kerjasama TNI-Polri, Perangkat Desa dan Seluruh elemen masyarakat di setiap Kampung Tangguh maka Pandemi Wabah Corona segera berakhir sehingga dapat hidup normal seperti sediakala.

Kapolres mengatakan salah satu manfaat adanya kampung tangguh adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul terkait Wabah Covid-19 seperti permasalahan sosial maupun kesehatan sehingga terdapat solusi penyelesaiannya, saya berharap semua warga dilibatkan dalam pelaksanaan Kampung Tangguh dan bisa di formalkan kegiatan Kampung Tangguh  tersebut sehingga ada kepedulian dari masyarakat karena manfaatnya akan kembali kepada warga masyarakat juga, desa ini bisa menjadi Pilot Project kegiatan Kampung Tangguh karena tidak menutup kemungkinan akan dikunjungi bapak Kapolda Jatim yang salah satu kriterianya di desa tersebut terdapat warga yang terkomfirmasi positif, tuturnya.

Lakukan sosialisasi pemberlakuan New Normal Live kedepannya kepada warga masyarakat sehingga terbiasa mendispinkan dirinya sendiri melakukan protokol kesehatan, adapun hal tersebut merupakan salah satu strategi pemerintah untuk menghadapi wabah Virus Corona yg belum tahu sampai kapan selesainya, Kunci dalam penanggulangan Covid-19 adalah Disiplin dan Gotong-Royong yang artinya Disiplin yang kuat mematuhi peraturan dan semangat gotong – rotong untuk saling membantu, hal tersebut harus dilaksanakan secara bersama-sama, tegas Kapolres.