Kapolres Berikan Apresiasi Dan Penghargaan Pemenang Lomba Kampung Tangguh Semeru

Kapolres Berikan Apresiasi Dan Penghargaan Pemenang Lomba Kampung Tangguh Semeru

Mojokerto, Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander hari ini memberian penghargaan dan menyerahkan hadiah pemenang lomba kampung tangguh semeru di lapangan Apel Polres Mojokerto Jl. Gajah Mada No. 999 Mojosari Mojokerto, Senin, 06/07/2020.

Lomba kampung tangguh semeru ini di gelar dalam rangka membangun kembali disiplin dan semangat gotong royong masyarakat dalam melakukan pencegahan dan mengatasi dampak penyebaran covid-19 secara mandiri.

Peran serta masyarakat secara aktif adalah kunci keberhasilan dalam membangun kampung tangguh yang diharapkan memiliki kemampuan mandiri dan beradaptasi dalam menghadapi bencana serta dapat memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana covid 19.

Penilaian lomba kampung tangguh dilaksanakan selama 7 hari dimulai tanggal 23 Juli 2020 sampai dengan tanggal 29 Juli 2020 yang diikuti oleh 45 kampung tanggung pada jajaran Polres Mojokerto dengan menitik beratkan pada bagaimana masyarakat mengantisipasi covid 19 di desanya.

Menerapkan disiplin mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan, selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menjaga jarak, gunakan masker bila keluar rumah dan tidak berjabat tangan.

Aspek lain untuk mendukung adalah implementasi gotong-royong masyarakat dalam mengantisipasi bila ada hal-hal yang lain yang terjadi di desanya dan juga memperkuat ketangguhan di bidang pangan, kesehatan, keamanan, hubungan masyarakat dan psikologi masyarakat secara mandiri.

Pemenang lomba kampung tangguh adalah Kampung Tangguh Semeru Bejijong Trowulan disusul Desa Puri di urutan kedua dan Desa Sadar Tengah Mojoanyar sebagai juara ke tiga, sedangkan Desa Jabon Tegal Pungging, Desa Semengko Jatirejo, Desa Kebon Tunggul Gondang, sebagai juara harapan.

Kapolres mengucapkan selamat kepada pemenang lomba kampung tangguh dan berharap tidak cepat puas atas prestasi yang didapat sebab peran kampung tangguh belum tuntas justru didapatkannya prestasi tersebut menjadi penyemangat untuk melakukan tugas menjadi benteng pertahanan atas ancaman covid-19 serta mampu memotivasi desa-desa yang lain agar terus meningkatkan kualitas desanya dalam mengantisipasi penyebaran covid 19, lebih lanjut dapat menjadi acuan untuk menumbuh kembangkan kampung-kampung tangguh desa-desa yang lain.