Polres Mojokerto Siap Amankan Gereja di Perayaan Paskah

Polres Mojokerto Siap Amankan Gereja di Perayaan Paskah

Mojokerto – Jelang perayaan Paskah, Polres Mojokerto yang dipimpin oleh Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, S.I.K., M.H. akan meningkatkan pengamanan di 29 titik Gereja yang ada di Kabupaten Mojokerto. Dalam hal ini, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan GP Ansor serta relawan juga akan membantu dalam melakukan pengamanan. Bersama anggota TNI dari Kodim 0815 Mojokerto, Kapolres memonitoring tempat ibadah di Gereja Katolik Santa Maria, Kecamatan Pacet, untuk menyisir sejumlah lokasi di sekitar gereja, Senin (29/03).

Selanjutnya, Kapolres bersama TNI, FKUB, GP Ansor, para relawan, budayawan dan pengurus gereja berdiskusi membahas keharmonisan antar-umat beragama yang selalu terjaga di Kabupaten Mojokerto untuk pengamanan tersebut. Kapolres menjelaskan bahwa pasukan gabungan yang terdiri dari TNI-Polri bersama relawan FKUB dan Banser akan memperketat keamanan di seluruh gereja saat paskah pada Jumat (02/03) besok.

“Nantinya, anggota Polres yang disiagakan untuk pengamanan perayaan paskah terdapat 5 anggota pada setiap gereja di Kabupaten Mojokerto, ditambah dengan teman-teman TNI, FKUB dan Banser, budayawan dan relawan lainnya, dengan total sebanyak 10-15 orang yang menjaga,” ungkap Kapolres.

Tidak lupa, Kapolres juga meninjau fasilitas terkait protokol kesehatan seperti tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun, sampai dengan tempat duduk jemaat yang diatur jaraknya untuk mencegah adanya kerumunan. Terkait pelaksanaan perayaan paskah di masa pandemi Covid-19, Kapolres menerapkan dalam proses ritual keagamaan di masing-masing gereja untuk dibagi menjadi dua shift yaitu shift pagi dan shift siang.